Kamis, 03 Desember 2009

KEPALA SEKOLAH IDAMAN

Oleh :Saepuloh Nawawi

Saat kepala sekolah itu muncul, anak-anak berhampuran menghampiri.
“bu … “ begitu mereka bertertiak. Kalau kita menyaksikan secara lansung, tampak suasana begitu indah dan menyentuh. Ini baru kepala sekolah yang hebat pikurku.
Saat kepala sekolah itu memasuki gerbang sekolah, tampa ragu menyalami semua anak yang ada depan sekolah.
“ Assalamu’alaiku anak-anak, apa khabar…. Wah kamu rapi sekali.
Anak yang disapa akan tersenyum bahagia. Wah ini baru kepala sekolah pikirku.
Kepala sekolah ini memang lura biasa. Dengan bergegas ia langsung masuk ke ruang kerjanya dan langsung kembali kepintu gerbang. Rupanya ia berdiri dan menyambut kedatangan siswa dan guru. Hebat juga, kepala sekolah ini. Datang selalu lebih pagi dari siapapun. Office boy saja kalah. Senyum yang penuh kelembutan dan sapaan yang ramah menjadikann semua orang segan, bukan takut.
Saat kepala sekolah berada disekeliling siswa, siswa sangat senang. Saat berada diantara guru-guru, guru-guru merasa senang. Ini kepala sekolah yang hebat pikirku.
Rupanya hari itu hari senin, saat upacara bendera. Semua anak dan guru berbaris tertib. Kenapa ya.., wah luar biasa, kepala sekolah sudah berdiri diatara meraka. Saat menjadi Pembina, kepala sekolah selalu mengucapkan terima kasih dengan dengan kebaikkan yang dilakukan siswa dan teman kerjanya. Ini baru kepala sekolah yang hebat pikurku.
Ketika semua murid sudah masuk kelas, Kepala sekolah ini tidak buru-buru masuk ruangannya yang dingin dan mengasyikan. Dingin karena ber AC dan mengasyikan karena ada banyak fasilitas. TV, Kulkas kamar mandi. Tapi kepala sekolah ini selalu berkeliling sekolah, melihat anak-anak belajar atau duduk di dalam kelas sekalipun hanya 5 menit. Menyapa siswa dan guru yang mengajar. Mungkin semacam supervisi, tapi guru tidak pernah menjadi beban. Ini baru kepala sekolah yang hebat pikurku.
Saat istirahat tiba, semua anak menuju kantin sekolah. Kantin yang sejuk dibawah pohon rindang. Kantin yang sehat yang selalu terjaga kebersihannya. Hari itu kepala sekolah juga pergi ke kantin.
“ Ibu … anak-anak berhamburan menyalami. Pemandangan yang islami dan indah. Ini baru kepala sekolah yang hebat pikurku.
Saat kepala sekolah bertemu orang tua. Terlihat sekali orang tua begitu senang. Kenapa ya. Pasti ada kepribadian yang baik yang dimilki kepala sekolah. Ini baru kepala sekolah yang hebat pikurku.
Tapi tidak semua sekolah memiliki kepala sekolah yang seperti itu. Sayang sekali. Bahkan ada dibeberapa sekolah. Kepala sekolah sangat ditakuti oleh anaknya. Kangkala dijadikan bahan untuk menakuti siswa. Kasian sekali.
Kenapa kepala sekolah cenderung ibu-ibu ya, mungkin karena ibu-ibu jauh lebih dekat dengan anak-anak dan lebih mengerti perasaan anak. Bagaimana dengan perempuan atau ibu yang tidak disukai anak-anak. Pasti ada kepribadian yang keliru. Atau tidak cocok untuk menjadi kepala sekolah idaman. Waallahu’alam

Tidak ada komentar: