Sabtu, 30 November 2013

RAPORT SD KURIKULUM 2013

Nama Peserta Didik
:
……………………………….
Kelas
:
………………
Nomor Induk
:
……………………………….
Semester
:
2 (dua)
Nama Sekolah
:
……………………………….
Tahun Pelajaran
:
20.... / 20.......
Alamat Sekolah
:
…………………………………………………………………………….


……………………………………………………………………………

A. Sikap
Aspek
Deskripsi

Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.










Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air











B. Pengetahuan
Aspek
Deskripsi

Mengingatdan memahami pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahu tentang:
·   dirinya,
·   makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
·   benda-benda lain di sekitarnya






C. Keterampilan
Aspek
Deskripsi

Menyajikan kemampuan mengamati,menanya, dan mencoba dalam:
·   bahasa yang jelas, logis dan sistematis
·   karya yang estetis
·   gerakan anak sehat
·   tindakan anak beriman dan berakhlak mulia



















D. KO KURIKULER DAN EKSTRA KURIKULER
No.
Kegiatan Ekstrakurikuler
Keterangan

1.

Pramuka




2.

…………………………






3.

. …………………………





E. Saran-saran
………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………

Ketidakhadiran
Sakit                         : _____ hari
Izin                            : _____ hari
Tanpa Keterangan    : _____ hari









Mengetahui:                                                            ................, ...............................20......

Orang Tua/Wali,                                                                    Guru Kelas,



                                                                                           ________________________
                                                                                           NIP ...................................... 





A.   Perkembangan Fisik/Kesehatan

No
Aspek Yang Dinilai
Semester
1
2
1
Tinggi
….. cm
……cm
2
Berat Badan
…… kg
….…kg







B.   Kondisi Kesehatan

No
Aspek Fisik
Keterangan
1.
Pendengaran

2.
Penglihatan

3.
Gigi

4.
Lainnya ……………….


C.  Catatan Prestasi


No
Jenis Prestasi
Keterangan












BANDUNG MORNING

Ke Bandung lagi....

masalah buat loh. nggak juga selama pelatihan itu untuk kebaikan dan diri dan orang lain tidak ada masalah. gitu dech... sejak ditunjuk jari guru inti ada tugas tambahan yang harus dilakukan,. diantaranya bertanggung jawab untuk mensukseskan kurikulum 2013. 

Secara keseluruhan kurikulum apapun oke saja yang penting guru yang mengajarnya. makanya dengan selalu mengikuti pelatihan dan ada kesempatan untuk selalu berbagi. sangat menyenangkan. masalahnya harus ke bandung lagi. 

ada juga sih keuntungan pergi pelatihan ke bandung. udaranya sejuk dan bisa mehaluskan logat sunda yang mulai pudar sejak tinggal di ciputat-pamulang. 

Pas ke Bandung pas adikku melahirkan. bererti punya kesempatan pergi ke bandung dong. tentu saja kesempatan seperti ini bisa di manfaatkan dengan baik. 
Jadwal ke bandung kali ini ternya berlainan tempat adengan ke bandung  enam bulan yang lalu. kalau dulu ke batu jajar, sekarang ke lembang. tidak penting deh. terpenting keluarga mengijinkan dan sekolah merestui. Bila enam bulan yang lalu surat tugas datang di saat acara acara sudah mulai. kalau sekarang sudah sudah datang dan diinformasikan jauh sebelumnya. walaupun kepala sekolah masih belum merestui kalau surat belum keterima. 

jadi ngelantur nih hehe. ya.. akhirnya pergi juga. pikiran menjadi dua tujuan, pertama ikut pelatihan dan ke dua mau menyempatkan diri main ke rumah adik di daerah cicbiru bandung. 

Ternyata pengetahuan saya tentang bandung sangat minim. ini buktinya :

waktu mau main ke rumah adik di cibciru, sementara pelatihan di lembang, kata orang jauh tau..., ah masa. biarin ah. makanya jalan aja. kalo naik angkot kata sekuriti hotel jauuuuuh deh, kalau naik ojek tidak ada yang mau. makanya saya naik taksi aja deh,paling berapa. ternyata begitu naik taksi blubird bayarnya keren juga. Rp 175.000, gubraak. ternyata jaraknya 51 km. weleh jauh amat. biarlah yang penting bisa ke rumah adik.

kedua waktu mau pulang bingung naik apa. dan perginya harus pagi banget. ternyata naik mobil juga susah, naik motor adik., adik saya yang laki-laki saya tidak bisa motor. makanya ngooojek aja. alhamdulillah ngojek dari cibiru sampai lembang dengan jarak 52 km dengan melewati beberapa tempat.  jarang-jarang naik motor sepanjang bandung. melewati beberapa tempat yang tidak pernah dilihat sebelumnya. dari cibiru, ujung berung, cihaheum, gedung sate, dago, ciumbuleut dan lembang.

ngos ngos nyampe juga, langsung masuk ruangan dan ikut pelatihan lagi

Kamis, 10 Oktober 2013

LATIHAN SOAL PKN KELAS 4 BAB 1

LATIHAN UTS PKN KELAS 4
Bab 1 : Sistem Pemerintahan Desa dan Kecamatan
1.    Desa adalah
2.    Pemerintah desa terdiri dari …………………………………………………………………. Dan …………………………..
3.    Di Madura kepala desa disebut …..……………………………………………………..
4.    Di Badui  kepala desa disebut ……………..……………………………………………..
5.    Di Minangkabau  kepala desa disebut ……………………………………………………..
6.    Kepala desa adalah
7.    Kepala desa memiliki masa jabatan …….. tahun
8.    BPD singkatan dari …………………..
9.    Wilayah desa dibagi menjadi beberapa …………………..
10. Jumlah anggota BPD harus ganjil, paling sedikit …………….. orang dan paling banyak …….. orang
11. Kepala desa dipilihh langsung oleh ……………………
12. Tanggung jawab kepala desa yaitu :

a.    …………………………………………………………
b.    …………………………………………………………
c.    …………………………………………………………
d.    …………………………………………………………
13. Perangkat desa merupakan orang yang ditunjuk untuk membantu ……..
14. Sekretaris desa dinakgat oleh ………………………………………….
15. Sekratari desa bertanggung jawab  kepada ……………………………..
16. Sebutkan perangkat teridir dari  7  perangkat yaitu  :

a.    …………………………………………………………
b.    …………………………………………………………
c.    …………………………………………………………
d.    …………………………………………………………
e.    …………………………………………………………
f.     …………………………………………………………
g.    …………………………………………………………

17.  Tugas Sekretaris Desa yaitu …..
18. Tugas kepala urusan pemerintahan yaitu …..
19. Tugas kepala urusan pembangunan yaitu …..
20. Tugas kepala urusan Keuangan yaitu …..
21. Tugas kepala urusan Kesejahteraan social desa yaitu …..
22. Tugas kepala urusan umum yaitu …..
23. Tugas kepala Dusun  yaitu …..
24.  Kepala dusun disingkat menjadi ………………
25. Anggota BPD dipilih oleh ……………………
26.  Tugas BPD adalah ……………………..
27.  Masa jabatan BPD adalah ……… tahun
28.  Sumber pendapatan desa berasal dari  :
a.    …………………………………………………………
b.    …………………………………………………………
c.    …………………………………………………………
d.    …………………………………………………………
e.    …………………………………………………………
f.     …………………………………………………………
29.  Apa perbedaan  kepala desa dan lurah ?
30.  Pemerintah kelurahan dipimin oleh ………………………..
31. Lurah dipilih dari ………….
32.  Lurah bertanggung jawab kepada …………………………
33.  Tugas lurah adalah (hal 11) …………………………………………………………….
34.  Yang bertanggung jawab menyelenggarakan administraisi pemerintahan di keluarahan yaitu ………………….
35.  Perangkat keluarahan  yaitu ……………………….
36. Kecamatan adalah ………….
37. Perangkat pemerintahan kecamatan yaitu :
a.    …………………………………………………………….
b.    …………………………………………………………….
c.    …………………………………………………………….
d.    …………………………………………………………….
38.  Pemerintahan kecamatan di pimpin oleh ………………………………………………………
39.  Tugas seksi pemerintahan di kecamatan yaitu  …..
40.  Tugas seksi pembangunan  di kecamatan yaitu  …..
41. Tugas sekretaris kecamatan di kecamatan yaitu  …..
42. Tugas seksi kemasyarakatan  di kecamatan yaitu  …..
43.  Sebutkan beberapa instansi yang berada di tingkat kecamatan ?
a.    …………………………………………………….
b.    …………………………………………………….
c.    …………………………………………………….
d.    …………………………………………………….
e.    …………………………………………………….
f.     …………………………………………………….
44.  Yang mengeluarkan KTP adalah ……………………………………………
45. Puskesmas kependekan dari ………………………………………………………………………………..




LATIHAN UTS KELAS 4
BAB 4 : GLOBALISASI
1.    Globalisasi berasal dari kata ……………
2.    Globe artinya …..
3.    Global artinya …..
4.    Globalisasi berarti ……
5.    Globalisasi terlihat nyata pengaruhnya  dalam bidang ……………………………………… dan …………………………………………..
6.    Globalisasi membuat keadaan dunia nyaris sama, artinya ………………….
7.    Bidang-bidang yang dipengaruhi globalisasi yaitu :
a.    ………………………………………………………………….
b.    ………………………………………………………………….
c.    ………………………………………………………………….
d.    ………………………………………………………………….
e.    ………………………………………………………………….
f.     ………………………………………………………………….

8.    Apa dampak negative dari globalisasi ? jelaskan !
a.    ……………………………………………………………………………
b.    ……………………………………………………………………………
c.    ……………………………………………………………………………
9.    Apa dampak positif dari globalisasi ? jelaskan !
a.    ……………………………………………………………………………
b.    ……………………………………………………………………………
c.    ……………………………………………………………………………
10.  Budaya adalah …………………
11.  Kebudyaan nasional lahir dari ………………………………………………………………………………