Selasa, 10 September 2013

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SD                                                                                                
Kelas/Semester        : IV/1
Tema/Sub Tema       : selalu berhemat energi / gaya dan gerak
Pertemuan Ke          : 3

A. Kompetensi Inti
KI 1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
IPA
Kompetensi Dasar:

1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi

2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok

3.3 Memahami hubungan antara gaya,  gerak, dan energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari

4.3 Menyajikan laporan hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan table dan  grafik

PJOK
Kompetensi Dasar:
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai

1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta

2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman, guru dan lingkungan sekolah selama pembelajaran penjas

3.2 Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh

4.5 Mempraktikkan  pola gerak dasar berirama  bertema budaya daerah yang sudah dikenal yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
Matematika
Kompetensi Dasar:

2.4 Menunjukkan perilaku disiplin dan teratur dalam membuat dan mengikuti suatu jadwal kegiatan yang berulang dan efektif menggunakan prinsip KPK dalam kalender

2.5 Menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab menjaga kerapian dan kebersihan kelas berdasarkan jadwal berulang yang tepat menggunakan prinsip KPK dalam kalender (misal jadwal piket, Pramuka dan lain-lain)

3.1 Menentukan faktor persekutuan dua buah bilangan dan faktor persekutuan terbesar (FPB)

4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain  serta memeriksa kebenarannya


PPKn
Kompetensi Dasar:

1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar

2.4 Menunjukkan perilaku bersatu sebagai wujud keyakinan bahwa tempat tinggal dan lingkungannya sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat

4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat

BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar:

1.1    Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan

2.1  Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya, dan energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

3.4    Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

4.4  Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

C.Indikator
IPA

• Mengidentifikasi hubungan dan pemanfaatan gaya otot dan gerak dalam aktivitas sehari-hari
• Menyajikan laporan dari percobaan tentang gaya otot


PJOK

• Menjelaskan gerak senam irama
·   Mempraktikkan gerak senam irama
PPKn

• Menjelaskan artu bersatu
·   Menyimulasikan nilai bersatu
Matematika

• Menjelaskan konsep faktor persekutuan terbesar
• Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan FPB
• Menemukan hasil dari soal cerita yang berhubungan dengan FPB
• Mengomunikasikan strategi penyelesaian masalah yang berhubungan dengan FPB

BAHASA INDONESIA
·   Menyajikan teks cerita petualangan tentang pengalamannya bekerjasama
·   Menceritakan petuangan tentang pengalaman bekerjasama

D. Tujuan Pembelajaran:
Dengan melihat demonstrasi dari guru, siswa mempraktikkan gerakan senam irama dengan benar
.Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menuliskan beberapa contoh gaya yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
Setelah kegiatan bercerita, siswa mampu menceritakan pengalamannya bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
Setelah bereksplorasi, siswa dapat menemukan konsep faktor persekutuan terbesar dengan benar.

E. Materi Ajar:
a. Gaya Otot
b. Senam Irama
c. Nilai Bersatu
d. FPB

F. Alokasi Waktu
6 X 35 menit

G. Pendekatan/Strategi/Metode
Pendekatan  : Saintifik
Strategi          : Cooperative learning
Metode           : Diskusi, Tanya jawab, penugasan, ceramah

H. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU

Kegiatan Pendahuluan
·   Guru memberikan salam dan mengajak berdoa (religius).
·   Mengecek kehadiran peserta didik
·    Guru menyiapkan fisik dan psikis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran lewat permainan “Tepuk” serta menyapa anak

·    Peserta didik diminta untuk menebak isi   kotak misterius ke dalam kelas yang  berisi  tambang


Peserta didik diberi pertanyaan penggiring:

v  Hari ini ibu membawa sebuah benda misterius, benda ini biasa digunakan dalam kegiatan  kamu 17 Agustus. Benda apakah ini? (para siswa akan menebak sampai anak bisa mengetahui bahwa itu adalah tambang)
v  Apa yang kalian rasakan pada tubuh saat bermain tarik tambang?
v  Masih ingatkah aturan permainannya?
v  Hari ini kita akan keluar untuk bermain tarik tambang!

Seluruh siswa dengan bimbingan guru keluar kelas untuk bermain tarik tambang

v  Guru akan meminta siswa membagi kelompok yang terdiri dari 2,4 dan lima kelompok ( mengintegrasikan matematika dalam permaian tarik tambang).
v  Sebelum perlombaan dimulai guru meminta anak berdiskusi untuk mencari strategi memenangkan lomba tarik tambang (posisi kaki,lengan (sudut),pola susunan)
v  Setelah berlomba, guru bertanya”apa yang kalian rasakan setelah lomba?”
v  Sikap apa yang harus kita miliki saat berlomba

Siswa dan guru kembali ke kelas dan guru
15 menit













50 menit


































120 menit




















































































































25 menit





















Kegiatan Inti

Jenis Pengelompokkan :
Kelompok dan Individu

1.  Setelah kembali ke kelas, guru akan membagi  tugas dalam kelompok. Peserta didik akan berdiskusi dan menjawab pertayaan tertulis yang diberikan guru.
Pertanyaan:
v  Saat kalian bermain tarik tambang sikap apa yang perlu diperlihatkan?
v  Saat menarik tambang, apa yang kamu rasakan disekitar lengan dan kakimu? Mengapa?
v  Gerakan apa yang kalian lakukan?
v  Apa yang terjadi pada tambang saat kita melakukan tarikan dan dorongan?
v  Apa yang dapat kamu simpulkan?

Kesimpulan yang diharapkan:

·         Bahwa kegiatan tarik tambang ada tarikan dan dorongan.
·         Tarikan dan dorongan itu kekuatan otot kaki dan lengan.
·         Tarikan dan dorongan disebut sebagai gaya
·         Tarikan dan dorongan yang berasal dari otot  disebut sebagai gaya otot)
v  Berikan contoh lain dari  gaya otot. Siswa akan berbagi hasil pekerjaan mereka.

2. Setelah menjawab pertanyaan, salah satu perwakilan siswa dalam tiap kelompok akan mempresentasikan hasil diskusi kepada kelompok lain secara bergiliran.
 Diharapkan setiap anggota kelompok yang mendengarkan akan memberikan masukan atau komentar.
Setelah itu guru dan siswa   akan menyimpulkan bersama.

3. Peserta didik diberikan pertanyaan tambahan untuk menguatkan kembali tentang tema gaya:

“Apa lagi yang ingin kalian ketahui mengenai gaya?”


4. Peserta didik mengerjakan tugas yang ada di buku siswa.
Secara berpasangan, temukan gaya apa saja yang ada.
Siswa mengerjakan tugas di buku aktivitas
Setelah itu guru akan mendiskusikan hasilnya dengan siswa. (penilaian 4 di buku siswa)

5. Siswa membuat cerita berantai sesuai dengan ilustrasi gambar yang ada untuk menerapkan dari konsep gaya yang telah dipelajari. (penilaian 2 di buku siswa)

6. Peserta didik mengamati gambar di hal 82.
Secara bergantian, siswa diminta untuk menulis sebuah kalimat yang isinya tentang penerapan konsep gaya
Setiap siswa menulis satu kalimat dan siswa berikutnya harus membaca kalimat tersebut sebelum menulis kalimat lanjutannya. Siswa menceritakan hasil ceritanya antar kelompok.

7. Peserta didik bereksplorasi untuk menemukan konsep Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dengan diberikan pertanyaan dan kegiatan penggiring:

-      Contoh gaya otot apa saja yang telah kalian temukan?
-      Masih ingat tidak kalian saat lomba tarik tambang tadi? Berapa jumlah seluruh pemain?
-      Berapa kelompok yang terbentuk?
-      Ada berapa orang dalam tiap kelompok?

8. Peserta didik memodelkan lewat counters yang dipersiapkan guru
 ( Contoh : kancing-kancing, biji-biji, dll )

9. Peserta didik diberikan pertanyaan- pertanyaan lain:
-      Buatlah pengelompokan  lain dari jumlah counter yang sama!
-      Berapakah jumlah anggota tiap kelompok yang kalian buat?
-      Bagaimana bentuk perkaliannya?
-      Apa yang dapat kalian simpulkan?

10. Peserta melakukan eksporasi tambahan dari kegiatan yang ada di buku siswa di  halaman 84 dan diskusikan secara berpasangan”

Guru akan berkeliling memeriksa pekerjaan siswa sekaligus menilai sikap (penilaian 5 di buku siswa)
Setelah itu guru dan siswa akan mendiskusikan  hasil kerja siswa

Kegiatan Penutup
Peserta didik menuliskan refleksi dari kegiatan:
 
Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?

Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?

Kesulitan apa yang kalian temui?

Hal baik apa yang bisa kamu terapkan  dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya.

TUGAS:
Temukan jenis gaya yang  dapat kamu temui dalam kegiatan sehari-hari di rumah

I. Penilaian
1.    Lembar kerja Matematika dinilai dengan angka
2.       Penilaian sikap selama bekerja kelompok
3.       Daftar periksa PJOK
4.       Penilaian kinerja presentasi.
5.       Penilaian sikap

J. Sumber dan Alat Bantu Pembelajaran:

Tali tambang, pensil warna, counters (biji-bijian/kancing dll),buku siswa

Tangerang Selatan, ............ 2013,
Kepala SD .............                                                                   Guru Kelas 4,


..............................                                                                        .................


Tidak ada komentar: