Satuan
Pendidikan : SD
Kelas/Semester :
IV/1
Tema/Sub Tema :
selalu berhemat energi / gaya dan gerak
Pertemuan Ke :
3
A. Kompetensi Inti
KI
1
|
:
|
Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
|
KI
3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
|
KI
4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
B. Kompetensi Dasar
IPA
Kompetensi Dasar:
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan
dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun
berkelompok
3.3
Memahami hubungan antara gaya, gerak,
dan energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam
kehidupan sehari-hari
4.3
Menyajikan laporan hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan
table dan grafik
PJOK
Kompetensi Dasar:
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan
kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina,
sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman,
guru dan lingkungan sekolah selama pembelajaran penjas
3.2 Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh
4.5 Mempraktikkan
pola gerak dasar berirama bertema
budaya daerah yang sudah dikenal yang
dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
Matematika
Kompetensi Dasar:
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin dan teratur dalam membuat dan
mengikuti suatu jadwal kegiatan yang berulang dan efektif menggunakan prinsip
KPK dalam kalender
2.5
Menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab menjaga kerapian dan kebersihan
kelas berdasarkan jadwal berulang yang tepat menggunakan prinsip KPK dalam
kalender (misal jadwal piket, Pramuka dan lain-lain)
3.1 Menentukan faktor persekutuan dua buah bilangan
dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri ,
menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif
permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan
persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat
bermain serta memeriksa kebenarannya
PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.4 Menunjukkan perilaku bersatu sebagai
wujud keyakinan bahwa tempat tinggal dan lingkungannya sebagai bagian dari
wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan
masyarakat
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam
keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
BAHASA
INDONESIA
Kompetensi Dasar:
1.1 Meresapi
makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai
bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu
pengetahuan
2.1 Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak,
energi panas, bunyi, cahaya, dan energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita
petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang
lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
C.Indikator
IPA
• Mengidentifikasi hubungan dan pemanfaatan gaya otot dan gerak
dalam aktivitas sehari-hari
• Menyajikan laporan dari percobaan tentang
gaya otot
PJOK
• Menjelaskan gerak senam irama
· Mempraktikkan gerak senam irama
PPKn
• Menjelaskan artu bersatu
· Menyimulasikan nilai bersatu
Matematika
• Menjelaskan konsep faktor persekutuan terbesar
• Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan FPB
• Menemukan hasil dari soal cerita yang berhubungan dengan FPB
• Mengomunikasikan strategi penyelesaian
masalah yang berhubungan dengan FPB
BAHASA
INDONESIA
· Menyajikan
teks cerita petualangan tentang pengalamannya bekerjasama
· Menceritakan
petuangan tentang pengalaman bekerjasama
D. Tujuan Pembelajaran:
• Dengan melihat
demonstrasi dari guru, siswa mempraktikkan gerakan senam irama dengan benar
.•
Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menuliskan beberapa
contoh gaya yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
• Setelah kegiatan bercerita,
siswa mampu menceritakan pengalamannya bekerjasama untuk mencapai tujuan
bersama.
• Setelah
bereksplorasi, siswa dapat menemukan konsep faktor persekutuan terbesar dengan
benar.
E. Materi
Ajar:
a. Gaya Otot
b. Senam Irama
c. Nilai Bersatu
d. FPB
F. Alokasi
Waktu
6 X 35 menit
G.
Pendekatan/Strategi/Metode
Pendekatan : Saintifik
Strategi : Cooperative learning
Metode :
Diskusi, Tanya jawab, penugasan, ceramah
H. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa (religius).
· Mengecek
kehadiran peserta didik
·
Guru menyiapkan fisik dan psikis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran lewat permainan “Tepuk” serta menyapa anak
·
Peserta didik diminta untuk menebak isi kotak misterius ke dalam kelas yang berisi tambang
Peserta didik diberi pertanyaan penggiring:
v Hari ini ibu membawa sebuah benda misterius, benda ini biasa digunakan
dalam kegiatan kamu 17 Agustus. Benda
apakah ini? (para siswa akan menebak sampai anak bisa mengetahui bahwa itu
adalah tambang)
v Apa yang kalian rasakan pada tubuh saat bermain tarik tambang?
v Masih ingatkah aturan permainannya?
v Hari ini kita akan keluar untuk bermain tarik tambang!
Seluruh siswa dengan
bimbingan guru keluar kelas untuk bermain tarik tambang
v Guru akan meminta siswa membagi kelompok yang terdiri dari 2,4 dan lima
kelompok ( mengintegrasikan matematika dalam permaian tarik tambang).
v Sebelum perlombaan dimulai guru meminta anak berdiskusi untuk mencari strategi
memenangkan lomba tarik tambang (posisi kaki,lengan (sudut),pola susunan)
v Setelah berlomba, guru bertanya”apa yang kalian rasakan setelah lomba?”
v Sikap apa yang harus kita miliki saat berlomba
Siswa
dan guru kembali ke kelas dan guru
|
15
menit
50
menit
120
menit
25
menit
|
Kegiatan Inti
|
Jenis Pengelompokkan :
Kelompok dan Individu
1. Setelah kembali ke kelas, guru akan
membagi tugas dalam kelompok. Peserta
didik akan berdiskusi dan menjawab pertayaan tertulis yang diberikan guru.
Pertanyaan:
v Saat kalian bermain tarik tambang sikap apa yang perlu diperlihatkan?
v Saat menarik tambang, apa yang kamu rasakan disekitar lengan dan kakimu?
Mengapa?
v Gerakan apa yang kalian lakukan?
v Apa yang terjadi pada tambang saat kita melakukan tarikan dan dorongan?
v Apa yang dapat kamu simpulkan?
Kesimpulan yang diharapkan:
·
Bahwa kegiatan tarik tambang
ada tarikan dan dorongan.
·
Tarikan dan dorongan itu
kekuatan otot kaki dan lengan.
·
Tarikan dan dorongan disebut
sebagai gaya
·
Tarikan dan dorongan yang
berasal dari otot disebut sebagai gaya
otot)
v Berikan contoh lain dari gaya
otot. Siswa akan berbagi hasil pekerjaan mereka.
2. Setelah menjawab pertanyaan, salah satu
perwakilan siswa dalam tiap kelompok akan mempresentasikan hasil diskusi
kepada kelompok lain secara bergiliran.
Diharapkan
setiap anggota kelompok yang mendengarkan akan memberikan masukan atau
komentar.
Setelah itu guru dan siswa akan menyimpulkan bersama.
3. Peserta didik diberikan pertanyaan tambahan untuk
menguatkan kembali tentang tema gaya:
“Apa lagi yang ingin kalian ketahui mengenai gaya?”
4.
Peserta didik mengerjakan tugas yang ada di buku siswa.
Secara berpasangan, temukan gaya apa saja yang ada.
Siswa mengerjakan tugas di buku aktivitas
Setelah itu guru akan mendiskusikan hasilnya dengan
siswa. (penilaian 4 di buku siswa)
5. Siswa membuat cerita
berantai sesuai dengan ilustrasi gambar yang ada untuk menerapkan dari konsep
gaya yang telah dipelajari. (penilaian 2 di buku siswa)
6. Peserta didik mengamati gambar di hal 82.
Secara bergantian, siswa diminta untuk menulis sebuah kalimat
yang isinya tentang penerapan konsep gaya
Setiap siswa menulis satu kalimat dan siswa berikutnya harus
membaca kalimat tersebut sebelum menulis kalimat lanjutannya. Siswa
menceritakan hasil ceritanya antar kelompok.
7. Peserta didik bereksplorasi untuk menemukan konsep Faktor
Persekutuan Terbesar (FPB) dengan diberikan pertanyaan dan kegiatan
penggiring:
-
Contoh gaya otot apa saja yang telah kalian
temukan?
-
Masih ingat
tidak kalian saat lomba tarik tambang tadi? Berapa jumlah seluruh
pemain?
-
Berapa
kelompok yang terbentuk?
- Ada berapa orang dalam tiap kelompok?
8. Peserta didik memodelkan lewat counters yang dipersiapkan
guru
( Contoh :
kancing-kancing, biji-biji, dll )
9. Peserta
didik diberikan pertanyaan- pertanyaan lain:
-
Buatlah
pengelompokan lain dari jumlah counter
yang sama!
-
Berapakah
jumlah anggota tiap kelompok yang kalian buat?
-
Bagaimana
bentuk perkaliannya?
- Apa yang dapat kalian simpulkan?
10. Peserta melakukan eksporasi tambahan dari kegiatan yang
ada di buku siswa di halaman 84 dan
diskusikan secara berpasangan”
Guru akan
berkeliling memeriksa pekerjaan siswa sekaligus menilai sikap (penilaian 5 di
buku siswa)
Setelah itu guru dan siswa akan mendiskusikan hasil kerja siswa
|
|
Kegiatan Penutup
|
Peserta didik menuliskan refleksi dari kegiatan:
Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?
Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?
Kesulitan apa yang kalian temui?
Hal baik apa yang bisa kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan
mengapa kamu perlu menerapkannya.
TUGAS:
Temukan jenis gaya yang dapat kamu temui dalam kegiatan sehari-hari
di rumah
|
I. Penilaian
1.
Lembar
kerja Matematika dinilai dengan angka
2.
Penilaian sikap selama
bekerja kelompok
3.
Daftar periksa PJOK
4.
Penilaian kinerja presentasi.
5.
Penilaian sikap
J. Sumber dan Alat Bantu Pembelajaran:
Tali tambang, pensil warna, counters (biji-bijian/kancing
dll),buku siswa
Tangerang Selatan,
............ 2013,
Kepala SD
............. Guru
Kelas 4,
.............................. .................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar